Selasa, 28 Agustus 2007

Tutorial cheat GBA

Oke! sekarang kita akan membahas cara men-cheat emulator GBA (Gameboy Advance). Pertama-tama yang harus kamu lakukan tentu saja mendapatkan emulator GBA, nih link-nya: http://www.emulator-zone.com/doc.php/gba/vboyadvance.html. Jika sudah ada emulatornya sekarang kamu jalankan emulator itu, lalu pilih game yang kamu mau mainkan. Sebagai contoh, disini aku menggunakan game 'Super Robot Taisen Original Generation 2.' Seperti biasa, kita akan melakukan cheat yang paling mudah terlebih dahulu, yaitu mengubah jumlah uang yang kita miliki.



Pada gambar tampak bahwa saat ini uang yang dimiliki adalah '4370.'



Kemudian pada menu utama VBA klik 'search' lalu pilih 'search for cheats...' untuk memunculkan menu berikut:



Pada menu ini kita akan melakukan search terhadap alamat-alamat memori yang digunakan oleh game yang sedang berjalan, mirip dengan cara kerja ArtMoney, sehingga jika kamu sudah membaca dan memahami tutorialku tentang penggunaan ArtMoney (klik disini), maka kamu akan cukup familiar dalam menggunakan fitur ini.

Perhatikan ada beberapa pilihan di menu search for cheat:
- search type: aku sendiri belum pernah menggunakan 'old value', jadi lebih baik gunakan saja 'specific value.'
- data size: untuk data 8 bit, nilai maksimal yang dapat disimpan adalah 255, data 16 bit: 65535, dan data 32 bit: sekitar 2 - 4 milliar. Berbeda dengan ArtMoney, disini kamu harus menentukan terlebih dahulu ukuran data yang akan kamu cari. Untuk menentukan ukuran data yang kamu cari, kamu harus mengetahui / memperkirakan jumlah maksimal nilai yang akan kamu cari alamatnya, misalnya:
Kali ini kita mencari alamat yang menyimpan jumlah uang yang kita punya. Jumlah uang yang kita punya bisa mencapai beberapa ratus ribu atau jutaan, maka dari itu kita mencari data dengan data size 32 bit. Untuk statistik karakter kamu dapat melihat jika nilainya dapat melebihi 255 (misal: strength 278), maka gunakan tipe data 16 bit.
- compare type: ada banyak pilihan disini, tapi aku sarankan menggunakan 'equal' saja, pilihan lain jarang digunakan.
- signed / unsigned: gunakan saja unsigned. Jika menguasai hex (tentang hex: klik disini), kamu dapat menggunakan hexadecimal

Setelah itu, tekan start, lalu search untuk melakukan pencarian (Tombol search disini berfungsi sama dengan fungsi filter pada ArtMoney).



Alamat-alamat memori yang menyimpan nilai '4370' akan muncul. Pilih baris alamat yang muncul kemudian tekan add cheat untuk mengubah nilai tersebut.



Pada window yang muncul, kita tinggal menuliskan nilai yang baru, kemudian tuliskan deskripsi untuk cheat tersebut (optional, tidak harus dilakukan), lalu tekan OK.



Voila! jumlah uang anda telah berubah! (ingat bahwa perubahan tersebut kadang tidak langsung nampak di game, untuk itu anda perlu melakukan sesuatu di game yang memerlukan loading, misalnya membuka menu lain, atau perpindahan layar pada game-game RPG)

Selain itu, kamu juga dapat langsung menambahkan cheat tanpa melakukan search terlebih dahulu (jika kamu telah mengetahui kode cheat-nya, kamu bisa coba cari kode-kode cheat di http://www.codebreaker.com/) dengan memilih menu 'cheat' kemudian 'cheat list.'



Menu ini akan muncul:



Jika kamu telah memasukkan cheat sebelumnya, misalnya cheat jumlah money di atas, maka cheat tersebut akan tampak detailnya di menu ini. Sekarang coba kita mengulangi lagi cheat di atas dengan asumsi kita telah mengetahui alamat yang menyimpan jumlah money. Tekan tombol 'cheat...'



Perhatikan menu yang muncul:
- Pertama-tama kita masukkan adress, yaitu alamat yang akan kita ubah, kita telah mendapatkan alamat yang menyimpan jumlah uang (lihat pada gambar hasil pencarian sebelumnya), yaitu: '0201a908'
- Selanjutnya masukkan nilai yang baru dan deskripsi cheat (optional).
- Lalu pilih ukuran data (ingat uang = 32bit)
- Terakhir pilih number format (unsigned), lalu tekan ok



Detail cheat yang kamu buat akan muncul disini. xxxxxxxx : yyyyyyyy, x adalah alamat memori yang kamu ubah, sedangkan y adalah nilai yang kamu isikan (dalam format hex). perhatikan juga tanda di pojok kiri, jika kita menghilangkan tanda centang di sana berarti kita menonaktifkan cheat kita. Disarankan agar kamu menon-aktifkan cheat-mu setelah kamu mendapatkan efek dari cheat tersebut, karena dikhawatirkan cheat tersebut dapat menyebabkan crash pada game-mu, kecuali kamu sudah sungguh-sungguh memahami efek dari cheat yang kamu buat.

Jumat, 24 Agustus 2007

Beberapa tips tambahan

Terkadang kita harus menunngu cukup lama untuk menunggu selesainya progress search yang dilakukan ArtMoney. Hal ini karena ArtMoney melakukan search pada setiap alamat memori yang digunakan oleh suatu aplikasi, padahal tidak setiap alamat tersebut digunakan oleh game yang berjalan. Maka dari itu, kita bisa membatasi alamat yang di-search oleh ArtMoney agar tidak perlu mencari ke semua alamat. Caranya:

Klik tab search di bagian atas ArtMoney, lalu pilih Option.



Setelah itu akan muncul window sebagai berikut:



Pilih tab searching kemudian pilih / aktifkan 'search in address range,' lalu masukkan alamat yang akan dicari dari (from) alamat berapa sampai (to) alamat berapa. Misalkan kita melakukan search untuk game Digimon 3 dan mendapatkan alamat-alamat sebagai berikut:
0e7d8574 berisikan jumlah uang
0e7d9064 berisikan jumlah exp.points dari kumamon
0e7d9fd4 berisikan jumlah exp.points dari guilmon

maka kita bisa men-setting ArtMoney untuk melakukan searching from 0e000000 to 0effffff.

Jika kamu sudah menguasai cara-cara menggunakan ArtMoney, terutama dalam membandingkan alamat yang telah aku beri dengan alamat di komputermu, maka kamu bisa mencoba situs ini untuk mencari kode dari berbagai jenis game:  http://www.codebreaker.com/ atau http://www.cmgsccc.com/, untuk forumnya di http://forums.cmgsccc.com/.
Kode yang disediakan oleh codebreaker dituliskan xxxxxxx yyyy, dimana x adalah alamat, dan y adalah value / nilai yang tersimpan didalamnya, format yang sama dengan ArtMoney, jadi kita dapat dengan mudah membandingkan kode tersebut dengan alamat-alamat di komputer kita untuk mendapatkan alamat yang kita inginkan.
Oya, untuk mengakses situs ini kamu harus register dulu, tapi gratis kok, dan mudah. Kalo kamu nggak dapet kode yang kamu mau di situsnya, cobe cek di forumnya, terutama untuk game-game GBA (Gameboy Advance), lebih banyak kode yang tersedia di forum daripada di situs utamanya.

Senin, 20 Agustus 2007

Kode untuk Digimon World 3

Kali ini akan aku berikan beberapa kode-kode untuk Digimon 3. Kode ini berupa alamat memori yang aku sertai dengan keterangan mengenai nilai yang tersimpan di dalamnya.

Digimon World 3:

I. kode umum:
0e7d8574 Uang. Alamat ini menyimpan banyak uang yang kamu miliki. Tipe data: integer 4 bytes

II. Kode untuk kumamon:
II.a. Statistik kumamon:
0e7d9064 Exp untuk kumamon. Alamat ini menyimpan jumlah exp point yang telah didapat oleh kumamon. Jika kamu menambahkan jumlah yang sangat besar ke dalamnya, lalu memenangkan sebuah random battle, atau battle apapun, maka kumamon akan naik level hingga level maximum. Aku tidak tahu berapa jumlah exp yang diperlukan untuk mencapai level maksimal, namun alamat ini bertipe integer 4 byte, sehingga kamu dapat mengisikan nilai maksimal hingga 4 milyar, meskipun demikian tidak disarankan mengisikan jumlah sebesar itu, setahuku exp point sebanyak 45.000 dapat membuat digimonmu mencapai level 35-45, maka 100.000 atau 200.000 exp mungkin dapat membuat digimonmu mencapai level maksimal.

0e7d906c kumamon's current HP
0e7d906e kumamon's maximum HP. Bedakan antara current HP dan maximum HP. Current HP adalah jumlah HP yang dimiliki saat ini, sedangkan maximum HP adalah jumlah maksimal HP-mu pada saat digimonmu berada dalam keadaan sehat, tidak terluka sama sekali. Aku lebih suka mengganti maximum HP daripada current HP. Tipe data: integer 2 bytes.

0e7d9070 kumamon's current MP.
0e7d9072 kumamon's maximum MP. Sama dengan di atas tapi ini untuk MP. Tipe data: integer 2 bytes.

0e7d9074 kumamon's attack. Tidak perlu repot-repot pergi ke Gym untuk memaksimalkan attack digimon-mu, cukup mengganti nilai di alamat ini dengan '999' maka Digimon-mu akan memiliki attack maksimum, namun bila kamu masih kurang puas dengan kekuatan seranganmu setelah mencapai attack maksimum, kamu bisa menambahkan attackmu hingga maksimal sebesar 32767, namun hal ini tidak dianjurkan karena bila damage yang kamu buat di saat battle melampaui 32767, maka musuhmu tidak akan mati,dan tetap tidak akan mati untuk seterusnya. Jika kamu tetap ingin melampaui batas maksimum attack, maka aku sarankan membuat attack-mu menjadi 5000, jangan melampaui jumlah itu.
0e7d9076 kumamon's defense.
0e7d9078 kumamon's agillity.
0e7d907a kumamon's wisdom.
0e7d907c kumamon's spirit.
0e7d907e kumamon's magic.
0e7d907c kumamon's fire resistance.
0e7d907c kumamon's water resistance.
0e7d907c kumamon's ice resistance.
0e7d907c kumamon's wind resistance.
0e7d907c kumamon's lightning resistance.
0e7d907c kumamon's machine resistance.
0e7d907c kumamon's dark resistance. Sama dengan di atas. Semuanya bertipe data: integer 2 bytes.


II.b. Digivolve Kumamon:
* Perlu diketahui bahwa pada game ini, setiap digimon memiliki berbagai macam digivolution, setiap digivolution tersebut memiliki statistik sendiri yang terdiri atas: jenis digivolution (mempengaruhi wujud/ bentuk digimon saat battle), level dari digivolution tersebut (disebut skill level), serta special moves / attack yang dimilikinya. Inilah alamatnya:

II.b.1 Digivolve kumamon yang pertama:
0e7d909c : jenis digivolution. Tipe data: integer 2 bytes. Untuk menggantinya, isikan nilai berikut ini:
- 3 untuk mendapatkan agumon
- 5 untuk mendapatkan greymon
- 6 untuk mendapatkan devimon
- 12 untuk mendapatkan metalgreymon
- 19 untuk mendapatkan kabuterimon
- 20 untuk mendapatkan angemon
- 26 untuk mendapatkan skullgreymon
- 378 untuk mendapatkan malomyotismon
... dst (silakan dicoba sendiri, hati-hati beberapa nilai dapat menyebabkan crash)

0e7d909e : level. Maksimal skill level adalah 99, dan tidak perlu melampaui jumlah tersebut karena tidak akan ada gunanya. Jika kamu telah mengubah skill level hingga 99, kamu perlu memenangkan battle terlebih dahulu untuk mendapatkan semua skill dari digivolution yang bersangkutan.

0e7d90a4 : special move1. Special pada slot pertama.Untuk menggantinya isikan:
- 103 untuk Blast Mode (signature attack dari Beelzemon)
....dst (silakan dicoba sendiri).

0e7d90a6 : special move2. sama dengan di atas
0e7d90a8 : special move3. sama
0e7d90aa : special move4. sama
0e7d90ac : special move5. sama
0e7d90ae : special move6. Slot 6 digunakan untuk signature attack, tapi kamu tetap bisa mengisinya dengan special moves yang bukan signature attack.

*Signature attack adalah special moves terhebat yang dimiliki oleh suatu digimon, biasanya signature attack ini didapatkan setelah mencapai skill level yang cukup tinggi.

II.b.2 Digivolve kumamon yang kedua:
0e7d90b0 Jenis digivolution

* untuk mencari alamat selanjutnya, tinggal membandingkan dengan alamat-alamat digivolvel yang pertama, misalnya untuk mencari skill level digivolve kumamon yang kedua:
lihat alamat digivolve pertama di atas:
0e7d909c jenis digivolution
---> 0e7d909e - 0e7d909c : 2 (selisih antara kedua alamat = 2)
*perhitungan secara hexadecimal
0e7d909e skill level
maka alamat digivolve kedua adalah:
0e7d90b0 jenis digivolution
---> 0e7d90b0 + 2 : 0e7d90b2 (inilah alamat untuk skill level-nya)


II.b.3 Digivolve kumamon yang ketiga:
0e7d90c4 Jenis digivolution

II.b.4 Digivolve kumamon yang keempat:
0e7d90d8 Jenis digivolution
.....dst (selisih antara digivolution : 16 [hex])

*urutan digivolve pertama, kedua, dan seterusnya berdasarkan urutan digivolve yang digimonmu miliki di digimon lab. Untuk mendapatkan efek kode diatas kamu harus mengambil digivolve tersebut dari digimon lab terlebih dahulu.

*kode-kode diatas hampir pasti tidak akan bekerja di komputermu, namun kode-kode tersebut berfungsi sebagai pembanding dengan kode yang kamu dapat di komputermu, kamu harus mulai dengan melakukan search dengan ArtMoney pada alamat tertentu (aku sarankan mencari alamat money/uang, karena paling mudah) kemudian bandingkan dengan kodeku. Untuk lebih jelasnya mengenai cara menggunakan ArtMoney, baca postingku sebelumnya.

III. Kode untuk kotemon
0e7d8c88 Exp untuk kotemon

IV. Kode untuk monmon
0e7d9440 Exp untuk monmon

V. Kode untuk agumon
0e7d981c Exp untuk agumon

VI. Kode untuk guilmon
0e7d9fd4 Exp untuk guilmon

VII. Kode untuk renamon
0e7da3a0 Exp untuk renamon

VIII. Kode untuk patamon
0e7da78c Exp untuk patamon

Minggu, 19 Agustus 2007

Contoh hasil cheat

Berikut ini adalah beberapa contoh hasil cheat yang 'cukup' berhasil aku lakukan.

Final Fantasy 7 :






Sephiroth sebagai playable character, tengah menggunakan Game Over. Normalnya, Game Over adalah salah satu variasi limit break 'Slots' milik Cait Sith, yang cukup sulit digunakan (karena kita harus mendapatkan 3 gambar Cait Sith pada ketiga slot), dengan efek Instant Death. Ya! dengan menggunakan jurus ini maka kamu akan langsung memenangkan pertarungan.

Digimon 3:



Damage Super!!



Cara mudah memenangkan Card Duel

Front Mission 3:







Part Wanzer rahasia: Hoshun. Damage super dengan Flamethrower bertipe N (dalam game tidak ada anti-N armor, sehingga damage tidak akan terpotong).

Sabtu, 18 Agustus 2007

Tutorial cheat dengan ArtMoney

Oke saatnya memulai tutorial dasar cheat. Karena saat ini aku sedang mengutak-atik Digimon3, maka kita mulai dari cheat untuk game ini saja, ok?
Untuk mulai menge-cheat pertama jalankan game ini kemudian jalankan Artmoney-mu.



Pertama-tama kita coba mengubah jumlah uang yang kita miliki. Kita mendapati bahwa jumlah uang saat ini adalah 83861. Sekarang kita pindah ke tab Artmoney (jangan tutup game).



Pertama-tama pilih proses pada combo box select process, yaitu nama emulator yang kita gunakan (aku menggunakan ps7 v0.19) kemudian pilih tombol search untuk mulai mencari alamat yang menyimpan jumlah uang yang kita miliki. Kemudian akan mucul window sebagai berikut:



Keterangan:
I : Tipe search yang akan kita lakukan, untuk sementara ini lebih baik menggunakan tipe 'Exact Value' (default) saja
II : Value yang akan dicari. Disini kita inputkan jumlah uang yang akan kita ubah nantinya, yaitu : '83861'
II : Tipe data yang akan dicari. Sejauh ini aku belum pernah menggunakan tipe selain integer(standard).
Jika sudah tekan OK.



Akan muncul progress bar. Jika progressakan muncul jumlah alamat memoti yang ditemukan yang berisikan nilai '83861'. Kali ini kita hanya mendapat 1 alamat (found : 1), bagus! karena semakin sedikit jumlah yang didapat semakin baik. Tekan OK.



Alamat-alamat yang didapat akan muncul di tabel sisi kiri. tekan tombol ADD atau ADD ALL untuk menampilkan detail alamat tersebut dan mengubaj isinya. ADD menampilkan satu alamat yang dipilih, sedangkan ADD ALL menambahkan semua alamat yang ditemukan.



Kini perhatikan di tabel sebelah kiri tampak detail alamat yang baru saja kita temukan. 

- Kolom F berfungsi untuk melakukan frezee terhadap nilai pada alamat tersebut. 
- Kolom description dapat kita ubah sesuai kehendak kita fungsinya untuk menjelaskan 
isi alamat tersebut.Karena alamat yang kita dapat berisikan jumlah uang maka kita bisa 
menuliskan 'money' disana. 
- Kolom Address menunjukkan alamat memori. Alamat ini dituliskan secara Hex, dan kamu dapat menggantinya dengan alamat lain jika kamu telah mengetahui alamat yang sesuai. Jika alamat ini diganti maka secara otomatis nilainya akan berubah menjadi nilai yang disimpan oleh alamat yang baru tersebut.
- Kolom Value berisikan nilai yang tersimpan di alamat tersebut. 
Nilai inilah yang akan kita ganti, misalkan kita isikan 9999999 disana.
- Kolom Type berisikan tipe data yang disimpan pada alamat tersebut. 
Untuk data integer, ada 3 macam tipe data, 1 byte, 2byte, dan 4 byte, pembagian tipe ini 
berdasarkan ukuran data yang disimpan. Data 1 byte maksimal nilainya 255, 2byte 65535, 
dan 4byte sekitar 4 milyar.
  
Setelah kita menganti value yang ada kita kembali ke tab game kita.



Perhatikan jumlah uang telah bertambah. Terkadang efek perubahan tidak langsung nampak, karena value tersebut 
belum dibaca lagi oleh komputer. Untuk mendapatkan efeknya, cobalah melakukan sesuatu dalam 
game yang memerlukan loading, seperti perpindahan layar/map, masuk ke battle, dll.

Selanjutnya, bagaimana jika kita mendapatkan jumlah alamat yang sangat banyak? jika demikian kita harus menggunakan fitur filter yang disediakan oleh ArtMoney.
Misalkan, kita akan mengubah jumlah HP (hit point) yang sedang dimiliki karakter kita.



HP kumamon saat ini 2652, coba kita cari nilai tersebut dengan ArtMoney



Setelah progress pencarian ternyata didapat 25 alamat, ini berarti kita harus memilih salah satu diantaranya yang paling benar. 
Biasanya suatu nilai hanya disimpan pada satu alamat saja, 
maka hanya ada satu alamat yang perlu diganti, sedangkan alamat lainnya menyimpan nilai 
untuk hal yang lain (yang terkadang bisa menyebabkan crash bila diubah). 



Sebelum kita melanjutkan dengan ArtMoney, kita switch dulu ke game, lalu ubah jumlah HP kumamon dengan item, atau healing magic. Kini kita HP kumamon menjadi 3523. kembali ke ArtMoney



Kini tekan tombol filter



Akan muncul window yang sama seperti saat kita melakukan search pertama kali. Masukkan value yang baru, yaitu 3523, kemudian tekan ok.



Setelah seleasi progress akan didapat 1 alamat, kini kita bisa mengubah nilainya. Proses filter ini bisa dilakukan berulang kali hingga didapat 1 alamat (atau lebih) yang paling benar. 

Hexadecimal

Heksadesimal atau sistem bilangan basis 16 adalah sebuah sistem bilangan yang menggunakan 16 simbol.(http://id.wikipedia.org/wiki/Hexadesimal).

Bilangan yang selama ini kita gunakan adalah bilangan decimal, atau bilangan berbasis 10, artinya bilangan-bilangan yang terdiri atas simbol angka 0 (nol) hingga 9 (sembilan), total sebanyak 10 buah simbol. Hexadecimal menggunakan 16 macam simbol, yaitu angka 0 (nol) hingga 9 (sembilan) plus 6 simbol tambahan yaitu A, B, C, D, E, F, yang secara berurutan bernilai 10,11, 12, 13, 14, 15.

Lalu apa gunanya sistem bilangan Hexadesimal ini? Alamat memori di komputer serta value yang disimpan di dalamnya menggunakan sitem bilangan tersebut, sehingga untuk dapat 'membaca' setidaknya value atau nilai yang tersimpan dalam memori tersebut, kita harus memahami sistem kerja hexadesimal.

O iya, sebelumnya saya jelaskan sedikit mengenai cara kerja komputer. Bila kita menjalankan sebuah program, termasuk emulator, program tersebut berjalan di memori komputer, menuliskan data-data (berupa value) ke dalam alamat tertentu di memori. Contoh simple-nya: ketika kita menjalankan emulator psone lalu memainkan game Final Fantasy 7, data-data dari game tersebut ditransfer ke memori komputer. Data-data tersebut termasuk level karakter, attribut karakter, item-item yang telah kamu dapat, jumlah uang yang kamu miliki, dan lain-lain. Data-data tersebut tetap berada pada memori komputer selama emulator masih dijalankan,
dan akan dihapus secara otomatis emulator tersebut ditutup. Itulah sebabnya kenapa kita perlu melakukan save game sebelum mematikan game supaya kita tidak perlu mengulang semua dari awal.

Nah data-data yang tersimpan di memori tadilah yang akan kita cari untuk kita ubah sesuai kehendak kita, misalnya: alamat memori yang menyimpan str (strength) dari Cloud, kemudian kita ubah isinya menjadi 255 (max), maka nilai str Cloud akan menjadi 255 seterusnya (tentunya kamu juga harus men-save gamemu setelah mengubah nilai tersebut).

Nah kembali ke hexadecimal, karena bilangan berbasis 16, maka untuk membacanya kita perlu mengubahnya ke bentuk decimal. Cara susahnya seperti ini:
misalnya ada bilangan hexadecimal: E7F, maka bilangan decimalnya adalah sebagai berikut: (E x 16^2) + (7 x 16^1) + (F x 16^0) = (14 x 256) + (7 x 16) + (15 x 1) = 3584 + 112 +15 = 3711.
Perlu diketahui : A = 10, B=11, C = 12, D = 13, E = 14, F = 15, dan '^' berarti pangkat (2^2=4, 5^3=125, 3^3=9, dst).
Untuk cara mudahnya, gunakan saja kalkulator scientific untuk konversi dari hex ke decimal.

Kamis, 16 Agustus 2007

getting started

Coba-coba buat blog nih. Bingung cari tema yang pas jadi aku masukin aja hobby baruku, nge-cheat! yep, nge-cheat game, tapi karena masih amatir nih jadi aku cuma sekedar nge-cheat game-game yang simple-simple, terutama emulator.

Sejauh ini sudah coba mengutak-atik emulator GBA dan PSone. Buat yang belum tahu, emulator itu semacam program yang memungkinkan kita untuk memainkan game-game konsol yang bersangkutan di komputer, plus BONUS! Bisa save state dan bisa di-cheat... dengan mudah!
Nih link untuk cari emulator yang lumayan bagus:
Gameboy Advance: http://www.emulator-zone.com/doc.php/gba/vboyadvance.html.
Playstation One: http://www.emulator-zone.com/doc.php/psx/.

Nah untuk program cheatnya aku pake Art Money, program pencari memori yang powerful banget. 
Nih link-nya: http://www.artmoney.ru/e_download_se.htm

Ok! sekarang kita sudah memiliki semua yang kita butuhkan untuk men-cheat sebuah game, tapi sebelumnya aku mau cerita sedikit nih.

Menurutku yang namanya cheat itu bukan seperti: "cara dapat item tak terbatas di Final Fantasy VII: cari materia W-item di Midgar saat Sister Ray/Weapon attack, lalu...bla...bla...bla," tapi seperti: "mengganti bermain dengan Sephiroth, mengontrol Sephiroth, dan menggunakan Game Over sebagai magic."
Dengan cheat, kita dapat mengakses hal-hal yang secara normal tidak bisa diakses dalam game. oleh karena itu, maka aku akan banyak berfokus pada game-game RPG, atau game lain yang setidaknya memiliki elemen RPG di dalamnya, sehingga "efek" dari cheat tersebut lebih terasa.

well..that's it for today! sorry no cheat yet... ntar aku ambil dulu bahannya dari kos, soalnya aku posting dari warnet nih...hehehe.....internet mahal....nggak bisa pasang di kos.