Sabtu, 18 Agustus 2007

Tutorial cheat dengan ArtMoney

Oke saatnya memulai tutorial dasar cheat. Karena saat ini aku sedang mengutak-atik Digimon3, maka kita mulai dari cheat untuk game ini saja, ok?
Untuk mulai menge-cheat pertama jalankan game ini kemudian jalankan Artmoney-mu.



Pertama-tama kita coba mengubah jumlah uang yang kita miliki. Kita mendapati bahwa jumlah uang saat ini adalah 83861. Sekarang kita pindah ke tab Artmoney (jangan tutup game).



Pertama-tama pilih proses pada combo box select process, yaitu nama emulator yang kita gunakan (aku menggunakan ps7 v0.19) kemudian pilih tombol search untuk mulai mencari alamat yang menyimpan jumlah uang yang kita miliki. Kemudian akan mucul window sebagai berikut:



Keterangan:
I : Tipe search yang akan kita lakukan, untuk sementara ini lebih baik menggunakan tipe 'Exact Value' (default) saja
II : Value yang akan dicari. Disini kita inputkan jumlah uang yang akan kita ubah nantinya, yaitu : '83861'
II : Tipe data yang akan dicari. Sejauh ini aku belum pernah menggunakan tipe selain integer(standard).
Jika sudah tekan OK.



Akan muncul progress bar. Jika progressakan muncul jumlah alamat memoti yang ditemukan yang berisikan nilai '83861'. Kali ini kita hanya mendapat 1 alamat (found : 1), bagus! karena semakin sedikit jumlah yang didapat semakin baik. Tekan OK.



Alamat-alamat yang didapat akan muncul di tabel sisi kiri. tekan tombol ADD atau ADD ALL untuk menampilkan detail alamat tersebut dan mengubaj isinya. ADD menampilkan satu alamat yang dipilih, sedangkan ADD ALL menambahkan semua alamat yang ditemukan.



Kini perhatikan di tabel sebelah kiri tampak detail alamat yang baru saja kita temukan. 

- Kolom F berfungsi untuk melakukan frezee terhadap nilai pada alamat tersebut. 
- Kolom description dapat kita ubah sesuai kehendak kita fungsinya untuk menjelaskan 
isi alamat tersebut.Karena alamat yang kita dapat berisikan jumlah uang maka kita bisa 
menuliskan 'money' disana. 
- Kolom Address menunjukkan alamat memori. Alamat ini dituliskan secara Hex, dan kamu dapat menggantinya dengan alamat lain jika kamu telah mengetahui alamat yang sesuai. Jika alamat ini diganti maka secara otomatis nilainya akan berubah menjadi nilai yang disimpan oleh alamat yang baru tersebut.
- Kolom Value berisikan nilai yang tersimpan di alamat tersebut. 
Nilai inilah yang akan kita ganti, misalkan kita isikan 9999999 disana.
- Kolom Type berisikan tipe data yang disimpan pada alamat tersebut. 
Untuk data integer, ada 3 macam tipe data, 1 byte, 2byte, dan 4 byte, pembagian tipe ini 
berdasarkan ukuran data yang disimpan. Data 1 byte maksimal nilainya 255, 2byte 65535, 
dan 4byte sekitar 4 milyar.
  
Setelah kita menganti value yang ada kita kembali ke tab game kita.



Perhatikan jumlah uang telah bertambah. Terkadang efek perubahan tidak langsung nampak, karena value tersebut 
belum dibaca lagi oleh komputer. Untuk mendapatkan efeknya, cobalah melakukan sesuatu dalam 
game yang memerlukan loading, seperti perpindahan layar/map, masuk ke battle, dll.

Selanjutnya, bagaimana jika kita mendapatkan jumlah alamat yang sangat banyak? jika demikian kita harus menggunakan fitur filter yang disediakan oleh ArtMoney.
Misalkan, kita akan mengubah jumlah HP (hit point) yang sedang dimiliki karakter kita.



HP kumamon saat ini 2652, coba kita cari nilai tersebut dengan ArtMoney



Setelah progress pencarian ternyata didapat 25 alamat, ini berarti kita harus memilih salah satu diantaranya yang paling benar. 
Biasanya suatu nilai hanya disimpan pada satu alamat saja, 
maka hanya ada satu alamat yang perlu diganti, sedangkan alamat lainnya menyimpan nilai 
untuk hal yang lain (yang terkadang bisa menyebabkan crash bila diubah). 



Sebelum kita melanjutkan dengan ArtMoney, kita switch dulu ke game, lalu ubah jumlah HP kumamon dengan item, atau healing magic. Kini kita HP kumamon menjadi 3523. kembali ke ArtMoney



Kini tekan tombol filter



Akan muncul window yang sama seperti saat kita melakukan search pertama kali. Masukkan value yang baru, yaitu 3523, kemudian tekan ok.



Setelah seleasi progress akan didapat 1 alamat, kini kita bisa mengubah nilainya. Proses filter ini bisa dilakukan berulang kali hingga didapat 1 alamat (atau lebih) yang paling benar. 

Tidak ada komentar: