Sabtu, 18 Agustus 2007

Hexadecimal

Heksadesimal atau sistem bilangan basis 16 adalah sebuah sistem bilangan yang menggunakan 16 simbol.(http://id.wikipedia.org/wiki/Hexadesimal).

Bilangan yang selama ini kita gunakan adalah bilangan decimal, atau bilangan berbasis 10, artinya bilangan-bilangan yang terdiri atas simbol angka 0 (nol) hingga 9 (sembilan), total sebanyak 10 buah simbol. Hexadecimal menggunakan 16 macam simbol, yaitu angka 0 (nol) hingga 9 (sembilan) plus 6 simbol tambahan yaitu A, B, C, D, E, F, yang secara berurutan bernilai 10,11, 12, 13, 14, 15.

Lalu apa gunanya sistem bilangan Hexadesimal ini? Alamat memori di komputer serta value yang disimpan di dalamnya menggunakan sitem bilangan tersebut, sehingga untuk dapat 'membaca' setidaknya value atau nilai yang tersimpan dalam memori tersebut, kita harus memahami sistem kerja hexadesimal.

O iya, sebelumnya saya jelaskan sedikit mengenai cara kerja komputer. Bila kita menjalankan sebuah program, termasuk emulator, program tersebut berjalan di memori komputer, menuliskan data-data (berupa value) ke dalam alamat tertentu di memori. Contoh simple-nya: ketika kita menjalankan emulator psone lalu memainkan game Final Fantasy 7, data-data dari game tersebut ditransfer ke memori komputer. Data-data tersebut termasuk level karakter, attribut karakter, item-item yang telah kamu dapat, jumlah uang yang kamu miliki, dan lain-lain. Data-data tersebut tetap berada pada memori komputer selama emulator masih dijalankan,
dan akan dihapus secara otomatis emulator tersebut ditutup. Itulah sebabnya kenapa kita perlu melakukan save game sebelum mematikan game supaya kita tidak perlu mengulang semua dari awal.

Nah data-data yang tersimpan di memori tadilah yang akan kita cari untuk kita ubah sesuai kehendak kita, misalnya: alamat memori yang menyimpan str (strength) dari Cloud, kemudian kita ubah isinya menjadi 255 (max), maka nilai str Cloud akan menjadi 255 seterusnya (tentunya kamu juga harus men-save gamemu setelah mengubah nilai tersebut).

Nah kembali ke hexadecimal, karena bilangan berbasis 16, maka untuk membacanya kita perlu mengubahnya ke bentuk decimal. Cara susahnya seperti ini:
misalnya ada bilangan hexadecimal: E7F, maka bilangan decimalnya adalah sebagai berikut: (E x 16^2) + (7 x 16^1) + (F x 16^0) = (14 x 256) + (7 x 16) + (15 x 1) = 3584 + 112 +15 = 3711.
Perlu diketahui : A = 10, B=11, C = 12, D = 13, E = 14, F = 15, dan '^' berarti pangkat (2^2=4, 5^3=125, 3^3=9, dst).
Untuk cara mudahnya, gunakan saja kalkulator scientific untuk konversi dari hex ke decimal.

Tidak ada komentar: